Oleh: ivo_well | Agustus 19, 2010

WINDOWS XP Versi Bahasa Daerah Tolaki

Pagi ini, Penyakit lama kambuh lagi…heheheee…..hobby yang kadang bikin sewot orang lain [baca: mengkaji software alias Inovasi Tiada Henti , heheheheeee], maka dari itu sebelum diomel omelin ama Crew Bill Gates, saya mau minta maaf duluan dehhhh !!! karena kali ini, Windows XP-nya yang kebagian saya revisi dikit… hihihi…..

awalnya seh ga sampai kesana, cuman karena setelah liat beberapa versi windows yang telah dimodifikasi habis tapi hasilnya keren bikin saya penasaran. untung aja ga gila karna penasaran. Motivasi keingintahuan tiba-tiba lewat tuh diotak, langsung deh laci kerja diobrak abrik buat nyari CD Windows XP SP1. Ternyata ketemu juga, terselip di CD Koleksi saya, si CD udah angkat bendera putih sebagai wujud penolakan alias nyerah dibarengi kata “ampun”…hehehee…tapi saya ga peduli….. masa CD bisa ngomong!

Yang ada dipikiran saya adalah gimana ngoprek windows XP biar bisa dimengerti ama penduduk awam di kampung saya. Secara saya berasal dari Kendari ibukota dari Sulawesi Tenggara. soalnya kalo masih yg versi Original bahasa inggris, kasian Bapak saya, boro boro bahasa inggris , bahasa Indonesia aja masih dapat merah waktu masih SD hahahahaaa… piss…. maklum aja keluarga termasuk dalam data BPS sebagai warga miskin! untung aja waktu kecil tidah ampe kena yang namanya Gizi Buruk cuman kebagian wajah Buruk…… gubrak…. yaa Allah Tolong………hehehehehee…….

Singkat Cerita, saya oprek deh itu windows, dengan diawali ucapan Basmalah, aksi mengintip source code windows pun dimulai, saya ingin membuat windows versi bahasa tolaki. yakni bahasa dari penduduk asli kendari. buka sana buka sini, akhirnya ketemu juga tuh jendela awal ketika kita melakukan installasi. hm….ternyata susah juga yah….bongkar hasil karya orang, apalagi kalo udah di compile. Tapi gpp wong upaya nyuri nyuri waktu kerja tidak sia sia. Berikut adalah screen shoot hasil oprekan diatas.


Udah puyeng ngeliat source codenya ditambah lagi penguasaan bahasa Tolaki saya yang ala kadarnya, maka jadinya kaya gitu doang…..hihihi….. Insyah Allah nanti kalo jalan-jalan kampung, saya akan belajar bahasa Tolaki biar benar benar bias, jadi kalo berhadapan ama sesepuh orang tua dikampung.

Semoga OS Windows Versi Bahasa Tolaki ini, secepatnya selesai deh…..biar Bapak saya bisa pake komputer juga……gubrak……wuakakakakak…

Hepuuu…. jangankan punya komputer, orang barusan beliau nelpon katanya harga Sagu [makanan khas tolaki] sudah naik lagi, padahal BBM belum naik…..sungguh terlalu kau Pemerintah !!!!

“copas juga hae ini, huahahaaaaa…..”


Responses

  1. cara rubah bahasanya gimana tu bro…?

    siapa tahu boleh nyba….

    • hahahahaaa….. itu baru angan2 bro….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: