Oleh: ivo_well | Oktober 5, 2011

Sinonggi

Sinonggi adalah salah satu makanan khas daerah kota kendari  Sulawesi tenggara, kalau dari papan nama Rumah Makannya sih ditulis Makanan Khas Tolaki (salah satu suku di SulTra). Berbahan baku Sagu yang disiram air mendidih, trus cara makannya dicampur dengan kuah sayur, sayurannya ada bayam, kangkung, terong kecil, dan biar tambah nyummny disiram lagi dengan kuah ikan yang dimasak.

Bedanya Sinonggi dengan Kapurung adalah kalau kapurung, si sagu dibuletin dan dimasukin langsung dalam kuah bersamaan dengan sayur-sayurnya. Nah kalau Sinonggi, si sagu ditempatkan khusus, dan ketika disantap, baru deh dibuletin dan dimasukkan dalam piring makan kita (sebelumnya disiram kuah dulu biar si piring gak lengket ama sagunya).

Sinonggi ini segaaaar banget, soalnya saat dipesan baru deh diracik sagu dan sayurannya.. Jadi harap maklum kalau untuk bisa menyantap sinonggi dibutuhkan waktu tunggu sekitar 15-20 menit  untuk  disantap..


Responses

  1. waah, sepertinya rasanya luar biasa..
    saya sih orang Jawa, jadi belum pernah tau yang namanya sagu, apalagi makanan khas sejenis ini, kapan kapan, boleh donk dipaketin Pak… :mrgreen:

  2. mantap

  3. jadi rindu kendariii …


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: